Kuliner Khas Kalimantan Suku Dayak


Indonesia adalah negara yang memilki keanekaragaman suku bangsa dan bahasa yang beragam. Apalagi makanan khas yang dimilki antara satu daerah lain. Adapun beberapa makanan khas suku Dayak yang harus anda ketahui adalah sebagai berikut :


MASAKAN KHAS DAYAK

Seperti umumnya suku-suku di Nusantara, demikian pula suku Dayak, makanan utama mereka adalah nasi, yang dilengkapi dengan sayur mayur serta lauk pauknya. Uraian singkat cara suku Dayak mengolah bahan makanan untuk menjadi santapan harian mereka.

Beras
Padi yang diolah menjadi beras, kemudian ditanak hingga menjadi nasi, cara pengolahannya:

Bari atau nasi putih yang merupakan makanan pokok berasal dari beras dengan bermacam cara pengolahan untuk dapat dimakan. Dimasak dengan mempergunakan kenceng , kukusan yang terbuat dari rotan atau bamboo atau dibuat ketupat

Bari Tanihi yaitu nasi putih yang dimasak di dalam bambu, dan dibungkus dawen tewu . Biasanya memasak nasi dengan cara demikian ialah untuk bekal perjalanan jauh atau dalam upacara-upacara adat.

Bari Bahenda atau nasi kuning.
Ketupat ialah nasi yang dimasak dalam ketupat yang terbuat dari daun kelapa muda yang dianyam atau dimasukkan dalam sejenis tumbuhan hutan yang bentuknya seperti ketupat. Biasanya ketupat dibuat untuk bekal perjalanan jauh atau dalam upacara-upacara adat.

Bari Sanga atau Bari Narang ialah nasi goreng. Biasanya dibuat untuk makan pagi. Cara pembuatan sama dengan cara pembuatan nasi goreng pada umumnya hanya minyak yang digunakan kadang-kadang menggunakan minyak tengkawang, kadang-kadang minyak babi.
Bubur Nasi, bubur yang terbuat dari beras yang diberi air dengan perbandingan satu banding empat, dicampur santan kelapa, gula merah dan madu.

Kangkuyau, bubur yang terbuat dari beras yang diberi air dengan perbandingan satu banding empat, diberi sedikit garam.

Pulut
pulut
Pulut atau ketan. Ada dua jenis ketan yaitu ketan hitam dan ketan putih. Kenta, jenis panganan terbuat dari beras ketan yang baru saja dipanen. Cara membuatnya padi ketan yang baru saja mulai menguning, dipotong dan dikumpulkan, kemudian dimasak dalam periuk tanpa air, dan boleh juga diberi sedikit air sampai baunya wangi dan isinya menjadi lembek. Setelah itu didinginkan. Baru kemudian ditumbuk di lisung hingga bentuknya pipih, dan dibersihkan kulit padinya. Cara menyajikan yaitu kenta dicampur parutan kelapa dan gula.

Amping, sejenis panganan yang terbuat dari ketan. Cara membuat amping hampir sama dengan cara
amping padi
membuat kenta, bedanya amping dibuat dari padi ketan yang telah kering dan dipilih padi ketan yang terbaik. Padi ketan yang telah kering digoreng tanpa minyak dalam kuali hingga beras dalam padi ketan tsb masak. Kemudian ditumbuk di lisung hingga berbentuk gepeng. Setelah kulit padi dibersihkan maka amping tersebut dapat dihidangkan dengan dicampur parutan kelapa dan gula pasir. Namun dapat juga dimakan bersama ikan asin atau wadi yang digoreng.

Lamang, sejenis makanan yang dimasak di dalam bambu yang dilapisi daun pisang, diberi santan kelapa dan garam secukupnya.
lamang yang sedang di masak

lamang











tumpi
Tumpi, makanan yang terbuat dari tepung beras dan gula merah. Cara membuat, beras di tumbuk sampai halus atau di giling menggunakan mesin sampai menjadi tepung, kemudian dicampur dengan gula merah, kemudian digoreng dan biasanya berbentuk bakwan.









Sayur Mayur

Cara Membuat Masakan Sayur Berkuah
Dalam pengolahan sayur sayuran, suku Dayak sangat menggemari sayuran berkuah dengan bumbu-bumbu yang sama, hanya bahan yang berbeda-beda. Untuk bahan tertentu sayur berkuah akan lebih nikmat apabila ditambahkan santan kelapa. Bumbu-bumbu yang dibutuhkan pada umumnya sama yaitu serai, laos, lombok, kunir, suna, garam dan terasi.

Bahan masakan adalah sayuran sesuai selera dan ikan sungai yang berlemak. Untuk ikan bisa diganti ayam atau sapi, boleh juga daging babi. Cara membuat, semua bumbu diulek halus, dicampurkan pada ikan/ayam/sapi/babi, dimasukkan kuali, diberi sedikit air , diletakkan di atas api hingga mendidih. Setelah mendidih dimasukkan sayuran hingga matang dan siap disaji. Juhu dapat pula dibuat dari campuran beberapa jenis sayuran. Pada saat memasak maka sayur yang masaknya lebih lama dimasukkan lebih dahulu baru kemudian dimasukkan sayuran yang cepat matang.


Tepen Dawen jawau
Tepen dawen jawau ialah daun ubi kayu yang telah ditumbuk halus dilisung. Babi berlemak dipotong
kecil-kecil dicampur bumbu, diberi air sedikit dan santan kelapa, diletakkan di api. Apabila telah mendidih dimasukkan daun ubi kayu yang telah dihaluskan sampai matang siap dihidangkan. Bumbunya harus dihaluskan terlebih dahulu. Bumbunya antara lain lombok, kunir, laos, serai, suna, bila tidak ada suna boleh diganti bawang merah, terasi dan garam. Cara lain boleh juga semua bahan diletakkan di wajan dan dimasak hingga kuahnya hampir kering.




Terong Mapui
1327381358detail_JINUS_51-2005_TERONG_BERSUA_ABBO_(2)
terong mapui

Terong ungu yang sedang besarnya, dibakar dengan kulitnya hingga matang dan menjadi lembek. Kemudian siapkan lombok rawit, terasi, garam, serei, diulek halus, ditambah ikan bakar yang berlemak dan terong bakar, ditekan pelan-pelan sampai tercampur.
Salah satu makanan khas suku dayak yang banyak di gemari oleh banyak orang, terong ungu atau yang disebut terong mapui ini sangat pedas karena di campur dengan lombok rawit dengan 





Lauk Pauk

Jenis-jenis binatang yang dimakan:

1). Jenis-jenis ikan
2). Sapi
3). Babi hutan, babi yang dipelihara
4). Kerbau, hadangan, hurangan
5). Rusa, manjangan, payau, bengau
6). Kijang atau karahau, kancil atau pelanduk
7). Ayam atau manuk, ayam alas atau ayam hutan
8). Itik, bebek, angsa atau japun
9). Bermacam-macam burung
10). Bermacam-macam ular, antara lain ular payahe atau paraca, panganen atau ular sawah, depong, marawak, dan lain-lain
11). Bajai atau buaya, biawak, sambuk, muhe, dan jenis lainnya
12). Orang Hutan, kahiu atau alas, beruk
13). Bulus, bioko, kura-kura
14). Landak

Jenis Masakan

Sangan ialah masakan yang terbuat dari ikan atau babi atau sapi. Setelah bahan dibersihkan dan dipotong sesuai selera, dicampurkan dengan bumbu-bumbu yang terdiri dari ulekan garam, laos, kunir,serai, terasi, jahe, lombok. Setelah itu digoreng dengan menggunakan minyak kelapa atau minyak babi.
1.  Kalumpe / Karuang
Kalumpe/Karuang
Kalumpe / karuang adalah sayuran yang dibuat dari daun singkong yang ditumbuk halus. Kalumpe merupakan bahasa Dayak Maanyan dan karuang sebutan sayur ini dalam bahasa Dayak Ngaju. Dalam pembuatannya, biasanya daun singkong ditumbuk halus dan dicampur dengan terong kecil atau terong pipit. bumbu untuk masakan ini adalah bawang merah, bawang putih, serai dan lengkuas yang dihaluskan. Apabila ingin bisa ditambahkan cabe. Kalumpe terasa sangat enak apabila sedang panas. Masakan ini biasa disajikan bersama dengan sambal terasi yang pedas dan ikan asin.

2.  Juhu Singkah / Umbut Rotan
Juhu Singkah/Umbut Rotan

Umbut Rotan (rotan muda) adalah salah satu makanan khas yang dimiliki oleh Suku Dayak, terutama dari Kalimantan Tengah. Dalam bahasa Dayak Maanyan, umbut rotan dikenal dengan uwut nang'e. Sedangkan dalam bahasa Dayak Ngaju dikenal dengan juhu singkah. Umbut rotan ini dikenal masyarakat dayak karena mudah diperoleh didalam hutan tanpa perlu menanamnya terlebih dahulu. 

Cara pengolahannya yaitu pertama rotan muda dibersihkan kemudian kulitnya dibuang dan dipotong dalam ukuran kecil. Umbut rotan seringkali dimasak bersama dengan ikan baung dan terong asam. Umbut Rotan memiliki rasa gurih, asam, dan kepahit-pahitan yang bercampur dengan rasa manis dari daging ikan sehingga membuat umbut rotan memiliki citarasa tersendiri.

3. Juhu Umbut Sawit
Juhu Umbut Sawit
Juhu Umbut Sawit adalah nama sayuran ini sangat asing bagi sebagian orang karena namanya yang tidak populer. namun orang pelancong yang sering ke tanah Dayak paling sering mencari sayuran ini. dan bagi suku Dayak, juhu umbut kelapa ini merupakan kuliner favorit yang wajib dihidangkan di setiap diadakan acara-acara seperti syukuran

Macam-macam Juhu

  • Juhu Dawen kayu. Sayur berkuah dedaunan yang dapat dimakan.
  • Juhu Dawen Saretak. Sayur berkuah daun kacang panjang.
  • Juhu Ujau. Kuah umbut-umbutan
  • Juhu Tantimun. Kuah timun, biasanya ditambah sedikit santan kelapa.
  • Juhu Singkah. Kuah rotan muda, rasanya agak pahit.
  • Juhu Enyoh. Kuah kelapa muda.
  • Juhu Singkah Enyoh. Kuah batang kelapa muda.
  • Juhu Singkah Hambie. Kuah batang rumbia muda.
  • Juhu Bua Pisang. Gulai buah pisang muda, pakai santan.
  • Juhu Batang Pisang. Gulai batang pisang, bersantan.
  • Juhu Kangkung. Gulai kangkung, bersantan.
  • Juhu Baluh Baputi. Kuah labu putih.
  • Juhu Baluh Bahenda. Kuah labu kuning, boleh bersantan boleh tidak.
  • Juhu Dawen jawau. Kuah daun singkong, boleh bersantan, boleh tidak.

Juhu Kujang. Gulai keladi diberi santan. Terkadang keladi bila dimasak terasa gatal, maka untuk menghilangkannya keladi dibersihkan, direbus dengan diberi garam secukupnya hingga mendidih dan kemudian airnya dibuang. Setelah itu ikan yang telah dicampur bumbu-bumbu, santan kelapa, keladi, ditambahkan daun nangka muda yang telah dipotong kecil-kecil tujuh lembar lalu diletakkan di atas api hingga matang. Apabila daun nangka muda tidak ada, penghilang gatal dapat diganti kerak nasi.

  • Juhu Kanas. Kuah buah nanas muda.
  • Juhu Mantela Mangur. Gulai pepaya muda, boleh bersantan, boleh tidak.
  • Juhu Lauk. Kuah ikan
  • Juhu Kamenyo. Kuah daun kamenyo, rasanya asam.
  • Juhu Leping. Kuah daun leping rasanya asam.
  • Juhu Tampuyak. Kuah durian yang telah diasinkan, rasanya asam.
  • Juhu Dahian. Kuah durian muda.
  • Juhu Asem. Kuah asam muda.
  • Juhu Galimbing Tunjuk. Kuah belimbing wuluh
  • Juhu Rimbang. Kuah rimbang, rasanya asam.
  • Juhu Kulat. Kuah cendawan
  • Juhu Uwi. Kuah ubi,boleh diberi santan, boleh juga idak.
  • Juhu Bajei. Kuah paku boleh diberi santan, boleh juga tidak
  • Juhu Kalakai. Kuah daun kalakai.
  • Juhu jagung Muda. Kuah jagung muda
  • Juhu Dawen Paria. Kuah daun Paria (pare)
  • Juhu Paria. Kuah paria (pare)
  • Juhu Taya/Bengkel. Kuah taya/bengkel, pahit rasanya

4. Wadi
Wadi
Wadi adalah makanan berbahan dasar ikan atau menggunakan daging babi. Wadi bisa dibilang adalah makanan yang "dibusukan". Namun pembusukan ini tidak dibiarkan begitu saja, sebelum disimpan, ikan atau daging akan dilmuri dengan bumbu yang terbuat dari beras ketan putih atau bisa juga biji jagung yang di-sangrai sampai kecoklatan kemudian di tumbuk manual atau di blender. Dalam bahasa Dayak Maanyan bumbu ini disebut dengan Sa'mu dan dalam bahasa Dayak Ngaju disebut dengan Kenta. Pembuatannya yaitu ikan atau daging yang hendak diolah dibersihkan terlebih dahulu, kemudian direndam selama 5-10 jam dalam air garam. 

Kemudian daging atau ikan diangkat dan dibiarkan mengering. Setelah cukup kering ikan atau daging dicampur dengan Sa'mu sampai merata. Kemudian daging disimpan dalam kotak kaca, stoples, atau plastik kedap udara yang ditutup rapat-rapat. Simpan kurang lebih selama 3-5 hari. Untuk daging disarankan simpan lebih dari 1 minggu. Setelah selesao, wadi tidak bisa langsung dimakan tapi harus diolah kembali antara lain dengan cara digoreng atau dimasak. Walau pembuatannya terlihat mudah, tetapi apabila terjadi kesalahan sedikit saja dalam memasukan bumbu serta perendaman maka akan membuat wadi menjadi tidak enak bahkan tidak bisa dimakan. Oleh karena itu ada orang-orang tertentu yang memilki keahlian untuk membuat wadi yang enak.

5. Bangamat / Paing
Bangamat/Paing
Bangamat dalam bahasa Dayak Ngaju atau paing dalam bahasa Dayak Maanyan adalah masakan tradisional khas dayak yang dibuat dari bahan utama kelelawar besar / kalong (Pteropus vampyrus). Kelelawar yang digunakan adalah kelelawar jenis pemakan buah yang berukuran tubuh terbesar dibanding jenis kelelawar lainnya. Untuk kelelawar jenis pemakan serangga dan penghisap darah tidak digunakan dan tidak dikonsumsi untuk membuat makanan ini. 

Walaupun paling dikenal dan dikonsumsi di beberapa daerah, tetapi orang Dayak mempunyai ciri khas dalam pembuatannya. Paing yang akan dimasak dibersihkan dengan membuang kuku, bulu kasar ditekuk dan punggung, serta ususnya. Sementara sayap, bulu dan dagingnya dimasak. Untuk orang Dayak Ngaju paing dimasak dengan bumbu yang lebih banyak. Sedangkan untuk Dayak Maanyan, paing dimasak dengan bumbu yaitu serai dan daun pikauk (daun yang memiliki rasa asam). Paing sering dimasak bersama sayuran dari hati batang pisang yang dipotong-potong, biasanya adalah pisang kipas. Serta juga bisa dimasak bersama dengan sulur keladi yang dipotong-potong.

Demikianlah artikel ini, semoga dapat bermanfaat bagi pembaca semuanya

Comments

  1. Selamat Datang Di DewaAduQ dengan tingkat kemenangan hingga 94% bos
    Selamat Datang Di DewaAduQ, Dilayani Oleh Customer Service yang siap melayani anda selama 24jam Non-Stop loh bos
    dan dengan tingkat kemenangan hingga 94% bos

    1 User ID untuk 7 game
    Minimal Deposit kami Hanya sebesar Rp 10.000,- & Minimal Withdraw kami Rp 20.000,-
    HOT PROMO wwwDewaAduQcom yaitu :
    BONUS TURNOVER 0.3% SETIAP Harinya ( jam 14.30 wib )
    BONUS REFERRAL 20% SEUMUR HIDUP
    BCA - Mandiri - BNI - BRI - Danamon
    Ayoo Segera Bergabung dengan kami Hanya di:
    Link resmi : wwwDewaAduQcomLink alternatif : wwwDewaAduQnet
    Csdewaaduq@gmail.com

    ReplyDelete
  2. Selamat Datang Di DewaAduQ dengan tingkat kemenangan hingga 94% bos
    Selamat Datang Di DewaAduQ, Dilayani Oleh Customer Service yang siap melayani anda selama 24jam Non-Stop loh bos
    dan dengan tingkat kemenangan hingga 94% bos

    1 User ID untuk 7 game
    Minimal Deposit kami Hanya sebesar Rp 10.000,- & Minimal Withdraw kami Rp 20.000,-
    HOT PROMO wwwDewaAduQcom yaitu :
    BONUS TURNOVER 0.3% SETIAP Harinya ( jam 14.30 wib )
    BONUS REFERRAL 20% SEUMUR HIDUP
    BCA - Mandiri - BNI - BRI - Danamon
    Ayoo Segera Bergabung dengan kami Hanya di:
    Link resmi : wwwDewaAduQcomLink alternatif : wwwDewaAduQnet
    Csdewaaduq@gmail.com

    Poker
    Bandar Poker
    Capsa Susun
    Bandar Q
    Adu Q
    Domino
    Sakong

    ReplyDelete
  3. JAGUARQQ AGEN JUDI POKER ONLINE DAN AGEN DOMINO 99 TERPERCAYA DI INDONESIA
    Segera daftar dan bermain di JaguarQQ
    Hanya dengan minimal deposit dan withdraw sebesar Rp.15.000,-
    Anda sudah memiliki kesempatan untuk menangkan hingga jutaan rupiah
    JaguarQQ menyediakan 8 Game dalam 1 User ID diantaranya :
    -Poker
    -AduQ
    -BandarQ
    -Domino QQ
    -Capsa Susun
    -Bandar Poker
    -Bandar Sakong
    -Bandar 66 (NEW)
    Segera Gabung dan Dapatkan Promo Terbesar
    -Bonus Rollingan 0.5% Setiap Minggu nya (diproses setiap hari Jumat)
    -Bonus Refferal 20% Terbesar Seumur Hidup Tanpa Syarat Apapun
    Untuk info lebih lanjut Silahkan hubungi Cs JAGUARQQ:
    LiveChat 24 Jam Online
    PIN BBM : 2AE76E22
    WA : 081319506846
    WEBSITE :www.jaguarqq.poker
    Link Alternatif
    www.jaguarqq.net
    www.jaguarqq.org
    www.jaguarqq.info

    ReplyDelete
  4. Binggung pilih website judi online yang aman, mudah, terpercaya dan memberikan kenyamanan bagi anda pemain judi online tanpa takut tidak dibayar.

    Disini RAJAJUDI14 memberikan kemudahan untuk hanya dengan min deposit Rp 25.000 anda dapat mencoba kehokian anda dan menangkan keuntungan yang berlipat.

    Dalam RAJAJUDI14 terdapat banyak macam game hanya dengan satu usergame saja:

    - Judi bola
    - Live casino
    - Slots
    - Lotre
    - Poker dan masi banyak lagi

    Menawarkan berbagai bonus menarik diantaranya:

    - Bonus New Member Sportbook dan Casino 20%
    - Bonus Next Deposit 5%
    - Bonus Cash Back 5%
    - Bonus Turnover Poker 0,5%

    Support Bank:
    - BCA
    - BNI
    - BRI
    - MANDIRI

    ReplyDelete
  5. Agen Judi Online Deposit LinkAja, Banyaknya aplikasi uang digital saat ini, seperti tcash atau sekarang telah berubah menjadi LinkAja adalah satu diantara aplikasi uang digital yang terbaik saat ini. Kok bisa? Sebab, kalau kamu memakai Aplikasi LinkAja maka kamu tak perlu ke ATM lagi dan melakukan Setor Tunai setiap ingin menambah saldo.

    Bila kamu adalah type orang yang enggan dan malas untuk melakukan topup atau pengisian ulang saldo ke bank. Aplikasi Linkaja merupakan salah satu jalan keluar tepat bagi kamu, Aplikasi LinkAja (T-Cash) ini tidak membutuhkan top up berulang kali bila kamu telah memiliki Rekening Bank Lokal Di Indonesia.

    Info selengkapnya bisa klik link disamping : https://www.linkaja88.com/agen-judi-online-deposit-linkaja/

    ReplyDelete
  6. Ayo Bermain Dan Bergabung Bersama Mario Bola
    Tersedia Bonus Menarik Di setiap hari dan Setiap Minggu nya ^^

    Promo Yang berlaku Di www.mariobola(dot)info :
    HOT PROMO :

    - Bonus Deposit Pertama Setiap Hari 10% (Max Bonus 200ribu) Minimal TO 3x
    - Bonus Cashback Mingguan Di Sportbook 5% - 15%
    - Bonus Refrensi Mingguan Di Permainan Sportbook 2,5%
    - Bonus Refferal Mingguan Di Permainan Slot & Casino 2.5%
    - Bonus Rollingan Mingguan Sportbook Refferal 0,1%
    - Bonus Cashback Slot Mingguan 5% (Minimal Kekalahan 500Ribu)
    - Bonus Rollingan Poker 0.2%


    kami menyediakan berbagai jenis Games , seperti :

    - Sport
    - Tangkas
    - Togel
    - Live Casino
    - Poker
    - Slot
    - Sabung Ayam
    - Tembak Ikan

    Kami tunggu kedatangannya dan Join bersama kami .


    Bisa Deposit Via Pulsa Telkomsel
    Menang Berapapun Dibayarkan !!
    Buktikan kemenanganmu Sendiri sekarang juga !!
    Hanya di www.mariobola(dot)info

    Info pendaftaran
    whatsapp :
    WA 1 : +6282 1325 72756
    WA 2 : +62822 4569 1339

    ReplyDelete
  7. I really appreciate your support on this.
    Look forward to hearing from you soon.
    I’m happy to answer your questions, if you have any.


    คาสิโน

    เล่นบาคาร่า

    เครดิตฟรี

    ReplyDelete
  8. Many thanks for your kind invitation. I’ll join you.
    Would you like to play cards?
    Come to the party with me, please.
    See you soon...

    เครดิตฟรี

    เครดิตฟรี

    เล่นบาคาร่า

    เครดิตฟรี

    ReplyDelete
  9. Agen Judi Poker Online terbaik Indonesia deposit pulsa telkomsel dan XL tanpa potongan hadir memberikan layanan taruhan permainan kartu online hingga 11 jenis permainan. Rating kemenangan tertinggi tanpa adanya robot serta admin. Daftar Poker Online

    11 Permainan Dalam 1 Akun
    * Poker
    * DominoQQ
    * Bandar Ceme
    * Ceme Keliling
    * Capsa Susun
    * Super10
    * Omaha
    * Blackjack
    * Superbull
    * Capsa Susun (New Versi)
    * QQ Spirit

    Promo Terbaru MuseumPoker
    - Bonus Deposit Harian
    - Deposit Via Pulsa Telkomsel & XL / Axis
    - Bonus Deposit New Member 20%
    - Bonus Mingguan 0.5%
    - Bonus Jackpot

    Judi Ceme Online Dana
    situs poker via dana
    poker pulsa tanpa potongan
    Daftar Club388


    Kontak Resmi
    WA : +6282267932581 / https://bit.ly/2xLgmHw
    LINE : museumpoker
    Telegram : +6282267932581

    ReplyDelete
  10. MARI CUAN BOS KUUU.....
    Rasakan sensasi nyata saat bermain game di situs online judikarena banyak promo dan bonus
    bisa deposit di OVO,GOPAY,PULSA,SAKUKU,DANA,LINKAJA

    Untuk Informasi Selengkapnya, Bisa Hubungi Cs BVGaming ya..
    ☎️ Whatsapp : +62812-2222-995


    ReplyDelete
  11. Kode168merupakan situs judi online terbaik tahun 2023

    ReplyDelete

Post a Comment

Popular posts from this blog

Cara merubah bahasa di situs web yang tidak memiliki translate bahasa

Cara Bermain Poker

Cara membuat portal berita sederhana dengan HTML, PHP, CSS (bootsrap), dan Javascript