wisata alam dan budaya di kabupaten landak

 Air Terjun Pangaak 

- Lokasi : Desa Antan Rayan Kec. Ngabang,
- sarana angkutan : mobil / sepeda motor.

AIR Terjun Panga’ak memiliki tiga tingkatan air terjun, tingkat pertama di atas memiliki ketinggian 21 meter, tingkat kedua 10 meter dan tingkat ketiga 6 meter. Disekitar air terjun masih ditumbuhi pohon yang besar dan rindang dengan hamparan bebatuan yang beraneka ragam. Keunikannya terletak dibelakang/dibalik air terjun tingkat kedua: masih terdapat sarang burung walet yang bersarang dan tinggal disana. Terletak di Dusun Sungai Durian Desan Antan Rayan Kecamatan Ngabang, 44 Km dari Ngabang, di tempuh mengunakan mobil atau sepeda motor selama 1, 5 jam.



Air Terjun Banangar

Lokasi : Desa Perbua Kec. Air Besar
sarana angkutan : Mobil/ Sepeda Motor/ Motor Air

air terjun Manangar

AIR terjun Banangar adalah merupakan air terjun terbesar di Kabupaten Landak, yaitu dengan lebar 60 meter dan tinggi 60 meter. Keunikannya: di bawah air terjun terdapat danau kurang lebih 2 Ha terbentuk bulat yang dapat digunakan untuk mandi, berenang dan memancing ikan atau udang. Dikiri atas air terjun terdapat tempat tersebut memohon rejeki kepada Jubata (Tuhan Yang Maha Esa) yang sudah dilakukan ratusan tahun yang lalu sampai sekarang ini. Selanjutnya diatas air terjun Banangar terdapat Gunung Pajapa yang hutanya masih utuh dan dilindunggi yang dapat digunakan untuk panjat tebing dan terbang laying (gantole).
Dihilir air terjun dapat digunakan untuk olahraga Arung Jeram. Terletak di Dusun Perbuak Desa Merayuh Kecamatan Air Besar, 70 Km dari arah Ngabang, ditempuh dengan menggunakan mobil dan speedboat/mptor pepet selama 3, 5 jam. (wan)


Riam Jambu
- Lokasi : Desa Jambu Kec. Air Besar
- sarana angkutan : Mobil/ Sepeda Motor/ Motor Air

RIAM Jambu memiliki 17 riam dengan panjang kurang lebih 2 Km. Lokasi ini paling cook untuk olahraga arung jeram tingkat menengah sampai mahir megingat tingkat kesulitanya cukup tingggi. Disekitarnya masih banyak terdapat hutan lindung yang kaya akan flora dan fauna. Riam Jambu dapat digunakan untuk ekowisata seperti memancing ikan dan undang. Jika kita ingin berpergian ketenpat ini, tidak usah repot, karena terletak di Desa Jambu Tembawang Kecamatan Air Besar. Terletak 50 Km dari Ngabang, ditempuh dengan mengunakan mobil dan speedboat selama 2 jam.



Air Terjun Trintink

- Lokasi : Desa Engkangin Kec. Air Besar
- Sarana angkutan : Mobil/ Sepeda Motor. 
kecamatan air besar juga memiliki air terjun tujuh tingkat yaitu air terjun terintik yang tidak kalah menarik dengan air terjun lainnya, bagi siapa saja yang berkunjung disana pasti akan merasakan suasana alam yang terasa masih sangat alami, bagi yang berminat silahkan berkunjung untuk berwisata untuk mengisi hari libur.
Riam Solakng
- Lokasi : Senakin Kec. Sengah Temila
- Sarana angkutan : Mobil/ Sepeda Motor



Riam solang mungkin sudah tidak asing lagi bagi kebanyakkan orang di Provinsi Kal-Bar, khususnya Kab.Landak. Keindahan alam yang menjanjikan rasa nyaman bagi pengunjung, membuat riam solang menjadi tujuan utama bagi mereka yang ingin melepas kepenatan dengan kesibukan sehari-hari.

Riam solang terletak tidak jauh dari Desa Senakin, jarak tempuhnya pun relatif mudah untuk dijangkau. Dengan jarak tempuh kira-kira 20 menit dengan menggunakan kendaraan dan berjalan kaki kira-kira 1 jam, para pengunjung sudah dapat tiba di lokasi pariwisata unggulan desa setempat. Salain jarak tempuhnya relatif dekat, para pengunjung juga dapat menggunakan kendaraan roda empat dan sepeda motor atau berjalan kaki sembari menikmati alam sekitar selama perjalanan. Dengan hanya bermodalkan uang Rp.1000-Rp.2000 para pengunjung sudah dapat memasuki daerah pariwisata alam riam solang.

Keindahan alam yang ada di lokasi riam solang menyuguhkan keindahan air terjun setinggi kurang lebih 3 atau 4 meter. selain air terjun, batu tangket yang terletak tidak jauh dari lokasi air terjun juga menjadi salah satu suguhan bagi para pengunjung. Konon katanya, menurut cerita batu tersebut mempunyai cerita/legenda tersendiri sehingga tepat dibawah batu tersebut dapat kita temukan tempat untuk sesajian yang dibuat oleh penduduk setempat.

Setiap tahunnya, bertepatan dengan pergantian tahun baru biasanya tempat ini ramai dikunjungi. Jumlah pengunjung dapat mencapai ribuan orang, dari berbagai daerah terutama kaum muda. Maka tidaklah heran apabila setiap tanggal 1 januari setiap tahunnya, desa senakin selalu ramai dengan lalu lalang kendaraan para pengunjung.

Persimpangan jalan untuk menuju lokasi riam solang tidak jauh dari desa senakin. Jika kita dari arah Pontianak, maka jarak persimpangan dengan pasar senakin kira-kira 100 meter, sebelah kiri jalan atau tepatnya di depan pemakaman umum desa setempat. Selain panorama alam riam solang, masih ada lagi salah satu panorama alam yang terdapat didaerah Kab.Landak. Riam Jajak Buru, merupakan salah satu objek wisata yang keindahan alamnya kurang lebih sama dengan panorama alam riam solang. Namun, dilokasi Riam Jajak Buru tidak terdapat air terjun dan hanya menyuguhkan keindahan alam dan air bebatuan. Lokasinya pun tidak begitu jauh dari desa senakin, tepatnya di desa gombang.

Untuk sampai dilokasi tersebut pengunjung dapat menggunakan kendaraan roda empat dan sepeda motor. Namun kendaraan roda empat tidak dapat memasuki lokasi riam ini karena jalan utama setelah menempuh jalan beraspal, pengunjung harus menempuh jalan setapak yang hanya cukup untuk para pengendara motor, berbeda halnya dengan lokasi panorama alam riam solang.

Namun sangat disayangkan, panorama alam riam solang dan riam jajak buru ini belum diperhatikan oleh Pemerintah Daerah setempat. Padahal jika dikelola dengan baik, maka daerah tersebut dapat menjadi salah satu aset pemasukan daerah yang menjanjikan. Selain itu, keindahan alam riam solang kini mulai terusik dengan dibukanya ladang oleh penduduk desa setempat, sehingga keindahan alam yang ada terlihat tidak begitu asli lagi.

Oleh sebab itu, sangat disayangkan kiranya apabila salah satu aset daerah yang dimiliki oleh daerah ini tidak dikelola dengan baik atau malah dirusak keasliannya sehingga menimbulkan dampak negatif bagi para pengunjung.

Air Terjun Tikalong

- Lokasi : Desa Tunang Kec. Mempawah Hulu
- Sarana angkutan : Mobil/ Sepeda Motor


Berjarak tempuh sekitar 3,5 jam dari Pontianak dengan kondisi jalan sebagian besar sudah mulus namun hanya sekitar 4 km terakhir saja yang rusak. Jika dari Pontianak arahkan kendaraan menuju ke Sui Pinyuh kira-kira 1,5 jam perjalanan.  Setiba di persimpangan Singkawang - Mandor (dekat dengan SPBU) ambil ke arah Mandor.  Ikuti jalan tersebut kira-kira 2 jam hingga tiba di pintu gerbang wisata Air Terjun Tikalong.  Pintu gerbang ini berada di sebelah kanan jalan. Setelah memarkirkan kendaraan di area parkir di depan pintu gerbang.  Perjalanan di lanjutkan dengan berjalan kaki kira-kira 5 menit masuk ke dalam hingga tiba di lokasi air terjun berada.  Bagi yang membawa kendaraan roda dua dapat dibawa dekat lokasi air terjun. 

Goa Sanjan
Lokasi : Desa Engkangin Kec. Air Besar
sarana angkutan : Mobil/ Sepeda Motor/ Motor Air.
DI sebelah kanan air terjuan Banangar terdapat sebuah goa yang unik dan lain dari goa-goa di Kalimantan Barat.

Goa ini dikenal masyarakat dengan nama Goa Sanjan. Keunikannya bila pengunjung akan memasuki lorong goa dilakukan dnegan jalan tiarap, kemudian jalan jongkok baru berdiri dan sebelumnya memasuki goa badan pengunjung terlebih dahulu di ikat dengan tali yang ujungn ya di ikatkan dipohon atau batu yang berada di luar goa agar pengunjung dapat kembali menemukan jalan pulang karena di dalam guoa banyak terdapat lorong atau persimpangan. Jika tidak hati-hati, bisa dipastikan kita tidak akan bisa kembali pada jalan semula. Sementara itu dimulut gua dapat dijadikan tempat istirahat (tidur) sambil menikmati suasana alam yang segar dengan air terus menetes didinding luar gua tersebut. Jika anda tertarik dengan petulangan ini, tidak salah mencobanya baik dengan sahabat-sahabat atau saudara ada suka dengan tantangan ini. Untuk bisa sampai ditempat ini, kita harus pergi di Dusun Perbuak Desa Merayuh Kecamatan Air Besar.

Naik Dango

UPACARA Naik Dango yang merupakan kegiatan ritual seputar panen padi adalah 

ungkapan syukur masyarakat Dayak kepada Sang Pencipta akan hasil yang telah diperoleh. Upacara ini diadakan di setiap kabupaten.






Tempat penyelenggaraan dilaksanakan bergantian antar kecamatan setiap tahun, ditetapkan oleh Dewan Adat kabupaten setempat. Disamping upcara adat, diadakan pula pesta wisata dan budaya Naik dango yang diisi dengan pertunjukan kesenian, lomba permainan tradisonal, lombakesenian daerah, pameran, seminar kebudayaan dan pasar rakyat. Upacara ini diadakan setiap tanggal 27 April setiap tahunnya. Semua kecamatan di Kabupaten Landak wajib turut serta memeriahkannya upacara naik dango bersama kontingen dan masyarakat. Acara ini setiap tahun diselengarakan dua kabupaten yaitu Kabupaten Landak dan Kabupaten Pontianak. 

Rumah Panjang Saham

MENDENGAR nama rumah panjang saham, tidak asing lagi masyarakat Kabupaten Landak, dan Kalimantan Barat umumnya. Tapi bagi daerah lain, nama rumah panjang saham ini sangat unik. Menurut cerita orang tua terdahulu rumah panjang saham didirikan pada tahun 1875. Rumah tersebut terdiri dari 35 pintu dan panjang 180 meter yang dihuni oleh suku Dayak Kanayatn Bukit. Kehidupan sosial masyarakatnya memegang teguh adat istiadat, tradisi.budaya dan kehidupan bersama (gotong royong).
Dirumah panjang tersebut terdapat seniman pemahat ukiran kayu belian (ulin) dan kayu keras lainnya. Terletak di Dusun Saham Desa Saham Kecamatan Sengah Temila.


Desa Saham terdiri dari satu rumah panjang dan rumah-rumah tunggal yang mengikuti pola masa kini. Sebelumnya seluruh penduduk tinggal disatu rumah panjang sebagai satu kelompok masyarakat. Bagi masyarakat Dayak, Rumah panjang bukan hanya berfungsi sebagai rumah tinggal, namun juga sebagai pusat perkembangan budaya serta tradisi.
Sebagai peninggalan budaya Dayak Kanayatn, rumah panjang di Saham layak dijadikan objek pariwisata. Adapun faktor-faktor yang mendukung itu adalah kegiatan budaya, kesenian, adat istiadat, kehidupan religi, pertanian, mata pencaharian, kehidupan bermasyarakat. Sebagai pusat kebudayaan rumah panjang juga merupakan pusat lahirnya jenis-jenis kesenian yang berkaitan langsung dengan adat istiadat dalam bentuk upacara-upacara. Masyarakat Dayak selalu menandai setiap peristiwa dalam kehidupan dengan upacara, dalam kondisi inilah lahir tarian, musik, seni ukir, seni tato, seni menganyam, tenun, tata boga, dan sebagainya.
Sebagai contoh upacara mengawali dan mengakhiri proses perladangan. Sebelum musim tanam dimulai, dilakukan upacara untuk memberkati seluruh peralatan yang digunakan dalam pertanian, dengan upacara adat untuk mendapat restu dari roh leluhur serta Jubata ( Yang Maha Tinggi ). Seluruh rangkaian proses pertanian tersebut ditutup dengan upacara memanjatkan syukur ( Naik Dango ). Diupacara inilah biasanya masyarakat Dayak di rumah panjang Saham tampil dengan busana adat terbaik, perhiasan, tari, musi, makanan-makanan dan minuman khas tradisi Dayak. Seluruh rangkaian upacara tersebut masih dapat kita temui di rumah Panjang Saham.
Jika kita ingin mengunjunggi tempat ini tidak terlalu susah dan mudah sarana transportasi ia terletak sekitar 52 Km dari Ngabang ditempuh dengan mengunakan mobil 1, 5 jam. (wan)
Naik Dango
UPACARA Naik Dango yang merupakan kegiatan ritual seputar panen padi adalah ungkapan syukur masyarakat Dayak kepada Sang Pencipta akan hasil yang telah diperoleh. Upacara ini diadakan di setiap kabupaten.
Tempat penyelenggaraan dilaksanakan bergantian antar kecamatan setiap tahun, ditetapkan oleh Dewan Adat kabupaten setempat. Disamping upcara adat, diadakan pula pesta wisata dan budaya Naik dango yang diisi dengan pertunjukan kesenian, lomba permainan tradisonal, lombakesenian daerah, pameran, seminar kebudayaan dan pasar rakyat. Upacara ini diadakan setiap tanggal 27 April setiap tahunnya. Semua kecamatan di Kabupaten Landak wajib turut serta memeriahkannya upacara naik dango bersama kontingen dan masyarakat. Acara ini setiap tahun diselengarakan dua kabupaten yaitu Kabupaten Landak dan Kabupaten Pontianak


Rumah Panjang Banua Pantu
SELAIN rumah panjang saham, di Kabupaten Landak juga ada rumah panjang lain. Tepatnya di Desa Tebedak Kecamatan Ngabang. Rumah Panjang ini dinamakan masyarakat setempat rumap panjang Banua Pantu. Boleh dikatakan rumah panjang ini, pada umumnya berasal dari kayu belian (ulin), dan merupakan salah satunya rumah panjang dekat dengan Kota Ngabang. Keberadaan rumah panjang ini, nyaris tak terdengar dan tidak salah jika kita melihat secara dekat, keberadaan rumah panjang yang langka ini.
Letak bangunan tua ini persisnya, ketika kita hendak ke Desa Tebedak mau menuju arah Sanggau. Sebelum jembatan baru, sisi kanan ketika kita mau turun ke rumah panjang Dayak Banua Pantu ini, sisi kiri kanan jalan hampir ditutupi pepohonan yang rindang.
Menurut penghuni rumah panjang tersebut, bangunan tu ini sudah berdiri sejak tahun 1940 an, dan mulai digunakan pada tahun 1950 an. Artinya umur banguan tua ini hampir sama dengan umur kemerdekaan bangsa kita. Malah dari sisa-sisa bangunan ini, masih ada peninggalan beruapa tangga dari kayu belian asli, berbentuk tipakan-tipakan. Sementara didalam rumah panjuang itu ada 7 kamar. Dan yang masih bisa digunakan hanya 5 kamar, 2 kamar lainnya sudah tidak layak pakai lagi. Tentunya sebagai bangsa yang besar, sudah pasti tidak melupakan sejarah, dengan kata lain aset peninggalan budaya berbentuk rumah panjang harus dipertahankan.

Makan Juang Mandor
Makam Juang mandor
MAKAM Juang Mandor merupakan bukti sejarah tragedi kekejaman masa penjajan Jepang. Tidak heran atas kekejaman ini, hampir satu generasi orang-orang pintar di Kalimantan Barat ini hilang. Yang dibunuh dimasukan dalam 10 makan itu puluhan ribu orang dari berbagai kerajaan, cendikiawan, dan masyarakat yang berpengaruh baik dari etnis Melayu, Dayak, dan Cina dari seluruh daerah Kalimantan Barat. Mereka dibawa dan dibunuh dengan cara kepala ditutup dengan karung lalu dipengal dan dimasukan ke dalam lobang kuburan/kuburan masal sebanyak 10 lubang kuburan.
Makam juang Mandor merupakan akibat terjadinya peristiwa pembunuhan massal pada 28 Juni 1944 oleh penjajahan Jepang. Menurut catatan sejarah sebanyak 21.037 korban pembunuhan tersebut dimakamkan di 10 makam ini.
Lokasi ini terletak di Desa Mandor Kecamatan Mandor. Setiap tanggal 28 Juni, dilakukan upcara di makam tersebut, mengenang tragedi berdarah Mandor. Makam Juang Mandor ini terletak 70 Km dari Ngabang, cukup mengunakan mobil selama 1, 5 jam kita sudah sampau di lokasi ini. 

Keraton Kerajan Landak
MENGUNJUNGGI istana ini terbilang istimewa, lantaran Anda bukan hanya dapat menikmati kekhasan seni rancang-bangun rumah panggung Istana Kesultanan Landak, melainkan juga koleksi-koleksi bendawi yang bernilai sejarah yang dipajang di sana. Selebihnya, Anda pun dapat menikmati keindahan Sungai Pinyuh dari gardu pandang istana yang
terletak tidak jauh dari halaman Istana Ilir. Namun, sebelum itu, ada baiknya bila Anda menilik seperti apa istana dan juga sejarah yang menaungi Kerajaan Landak dengan berkeliling kompleks istana terlebih dahulu.

keraton Ismahayana Landak

keraton ismahayana Landak

Istana Landak di Ngabang yang dibangun menghadap ke Sungai Landak ini berupa rangkaian rumah panggung khas Melayu Kalimantan Barat yang memanjang ke belakang. Istana ini memiliki fondasi, lantai dan dinding, serta atap sirap dari kayu belian sebagai bahan utamanya. Bangunan istana yang memiliki kombinasi bentuk atap pelana dan limasan ini terdiri atas dua bagian, yaitu balairung atau tempat pertemuan (bagian
depan) dan tempat tinggal sultan (bagian belakang). Kedua bagian istana tersebut dihubungkan oleh selasar yang juga terbuat dari kayu belian.
Keraton ini kini berlaku sebagai museum, tempat memamerkan koleksi-koleksi bendawi peninggalan sultan-sultan sebelum Gusti Suryansyah Amiruddin. Tempat memajang segala benda bersejarah peninggalan Kerajaan Landak masa lampau berada di Istana Ilir.
Sementara, Istana Ulu berfungsi sebagai tempat tinggal para kerabat sultan. Museum ini terdiri dari empat ruangan di mana masing-masing menampilkan jenis yang berbeda dari keseluruhan koleksinya.
Istana Landak terletak sekitar 50 meter di sebelah barat Sunagi Landak yang membelah Kota Ngabang. Keberadaan sungai yang masih difungsikan oleh masyarakat setempat sebagai jalur transportasi air ini, menuju ke arah Mungguk. Keraton atau Istana Kesultanan Landak terletak di Jalan Pangeran Sancanata, Kota Ngabang, Kabupaten Landak, Provinsi Kalimantan Barat, Indonesia.
Dari terminal bus di Ibu Kota Kabupaten Landak Ngabang, wisatawan dapat naik ojek yang berada di sekitar terminal dengan ongkos sekitar Rp 10.000,- untuk menuju ke Jalan Pangeran Sancanata (November 2008).
Sesampainya di jalan ini, Anda dapat langsung melihat kompleks Keraton Landak yang terletak di tepi jalan.
Wisatawan tidak dipungut biaya alias gratis. Kendati demikian, diharapkan pengunjung memiliki kesadaran untuk memberikan sedikit uang sebagai biaya perawatan dan fasilitas pemandu selama berwisata di istana ini.
Sebagai bagian dari layanan kunjungan ke kompleks istana pelancong akan mendapatkan pelayanan pemandu wisata. Sang pemandu, yang notabene masih kerabat Keraton Landak, akan menuturkan berbagai kisah dengan baik bagaimana sejarah keraton ini. Selain itu, wisatawan akan memperoleh keterangan-keterangan singkat mengenai seni
rancang-bangun, koleksi, dan sebagainya.


Wisata Kuliner

SAMA halnya dengan daerah di Kalimantan Barat, Kabupaten Landak mempunyai kue atau makanan yang tiada duanya. Jika sudah mampir di Bumi Intan, tidak abdil rasanya mencoba kue Rutikap yang terbuat dari bahan dasar gedum dan telur. Selain itu yang paling terkenal adalah kue Dange. Kue ini bahan dasarnya dari kelapa parut dan dicapur beras ketan. Selain rasanya gurih dan tahan lama. Makanan ini bisa kita jumpai di berapa toko di kota Ngabang dan sekitranya. Ada baiknya kue-kue ini dijadikan sebagai oleh-oleh untuk saudara maupun istri tercita ataupun pacar. Kue ciri khas Kabupaten Landak ini, bisa juga kita jumpai ketika lebaran atau Hari Raya Idul Fitri

Trims!! :D
sebenarnya masih banyak lagi wisata di Kabupaten Landak yang sangat indah ini hanya sebagian dari beberapa tempat wisata yang pernah saya kunjungi dan saya ingin pembaca bisa tahu beberapa tempat wisata yang ada di Kabupaten Landak, Sekian semoga bermanfaat!!!

Comments

  1. Yukk cuss bos ku daftarkan sekarang di Agen Judi Bola Uang Asli Terpercaya dan sudah resmi ya bos ku... mari mampir ada banyak promo dan bonus yang bisa anda dapatkan hanya ada situs online judi kami...

    Silahkan bertanya untuk informasi selengkapnya dengan cs kami 24 jam online..
    WhatsApp : 0812 1495 2061

    ReplyDelete

Post a Comment

Popular posts from this blog

Cara merubah bahasa di situs web yang tidak memiliki translate bahasa

Cara Bermain Poker

Cara membuat portal berita sederhana dengan HTML, PHP, CSS (bootsrap), dan Javascript